REVIEW - ANNABELLE : CREATION (2017)


Sulit untuk dipungkiri bahwa Spin-off The Conjuring, Annabelle rilis sudah 3 tahun yang lalu. Seri pertamanya terkena banyak hujatan oleh para kritikus film, tapi tunggu dulu..... kali ini rilislah prekuel film Annabelle yang berjudul Annabelle : Creation. Mengisahkan tentang cerita dibalik pembuatan boneka (yang katanya berhantu) berbaju putih dengan rambut yang dikepang dua serta bagaimana kisah tentang dia (boneka Annabelle) mengusik para anak-anak hingga babak belur.

Disutradarai oleh David F.Sandberg (Lights Out,2016), film Annabelle : Creation ini merupakan karya kedua beliau yang tayang di layar lebar. Setahun yang lalu, film Lights Out karya beliau sempat mendapat pujian dari para kritikus film dan dari sanalah beliau terkenal membuat film horror berkelas dengan jump-scares tak murahan. Menggaet kembali aktor cilik yang sempat naik daun di film Ouija : Origin of Evil, Lulu Wilson pun ikut turut meramaikan film ini. Gadis cilik ini sepertinya lebih menyukai berperan sebagai anak kecil di film horror. Ditemani bersama Talitha Bateman yang aktingnya tak jauh beda luarbiasanya dengan si Lulu Wilson yang sempat membuat sorotan mataku terus tertuju padanya.

Sebenarnya tak ada yang spesial dari penceritaan kisah sang boneka, tapi berkat penanganan sang sutradara David F.Sandberg, alur ceritanya terjaga sangat rapi dan mulus. Paruh awal diisi dengan pengenalan karakter dan sedikit selipan jump-scare yang pelan tapi pasti, meneror dan membuat penonton was-was. Atmosfir horor yang disajikan juga cukup mengcengkram, lightning settingnya juga dimanfaatkan dengan baik. Pergerakan kameranya dinamis dan sinematografinya luarbiasa cantik, ditambah lagi skoring musik apik yang menambah ketegangan dalam film ini. Hanya saja Sandberg kurang memberikan teror yang maksimal di penghujung film, membuat klimaks di film ini kurang berasa dan tidak membuat penonton parno. Pintarnya, sang sutradara menyelipkan sebuah adegan tribute to the original Annabelle doll yang membuatku girang luarbiasa serta membuat sebuah jembatan penghubung ke kisah Annabelle di seri pertama yang telah tayang 3 tahun lalu. Itu juga merupakan satu poin yang bagus sekali.

Meski terornya tak se-mengerikan Lights Out, Annabelle : Creation masih tergolong ke film horror yang wajib ditonton. Pergerakan alurnya bagaikan naik wahana roller-coaster membuat jantung melambat dan juga berdebar keras. FUN !

Rating :   ★ 

Comments

Popular Posts